Pages

Saturday, June 4, 2016

Granit Lebih Populer

Diantara jenis-jenis batuan yang terbentuk di alam, dapat dikatakan batuan granit "lebih populer" dikalangan masyarakat. Batuan granit merupakan jenis batuan yang banyak ditemukan di permukaan bumi, dan banyak dipergunakan sebagai material bangunan yang menampilkan kesan elegan.

Berkembangnya industri keramik, properti bangunan gedung bertingkat, perhotelan, perumahan, jembatan, pembuatan monumen dll semakin menambah nilai jual dan kepopuleran batuan granit.


Jika anda berkesempatan untuk berkeliling dunia……
tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa tempat yang cukup terkenal dengan kenampakan bentang alam yang khas seperti Granit Peaks di Pegunungan Sierra Nevada, Yosemite National Park di California, Stone Mountain di Georgia, Mount Rushmore di South Dakota USA, dan perlu anda ketahui bahwa bentang alam tersebut tersusun oleh batuan granit.
 
http://baloary.blogspot.co.id/
Yosemite National Park di California

Di tempat anda, apakah bentang alam yang tersusun oleh batuan granit memiliki kenampakkan fenomena alam yang indah dan tiada duanya????
Jika ada….segera publikasikan sebagai alternatif geowisata.

Mari kita kembali pada topik batuan granit “lebih populer”.
Berikut saya akan mendeskripsikan tentang batuan granit dari sudut pandang ilmu geologi.

http://baloary.blogspot.co.id/
Dalam ilmu geologi, batuan granit dikenal sebagai batuan beku plutonik (batholit) yang terbentuk melalui proses pembekuan magma di permukaan bumi pada temperatur yang relatif stabil, berwarna cerah tersusun oleh mineral felsik, bentuk butiran besar, dan bersifat asam. Komposisi mineral utama yaitu feldspar, kuarsa dan mika, kadang terdapat hornblende, plagioklas, biotit, dan muskovit dalam jumlah yang kecil. Tekstur batuan holokristalin, hipidiomorfik dan equigranular. Penokris yang besar dari orthoklas, memiliki tekstur porpiri.


Jenis-jenis dari batuan granit adalah :
1.  White granite : white orthoklas feldspar, grey quartz;
2.  Porphiritic granite : feldspar phenocryst;
3.  Orbicular granite : spherical phenocryst;
4.  Graphic granite : pink orthoclase feldspar;
5.  Hornblende granite : pale orthoclase feldspar, dark hornblende.

Teknik penambangan batuan granit untuk mendapatkan bidang belah yang lebih besar lebih disarankan dengan menggunakan bahan peledak, kemudian dipotong sesuai permintaan pasar dengan mesin pemotong yang telah didesain khusus. Jika akan dimanfaatkan untuk keperluan konstruksi bangunan, batuan dipecah ukuran tertentu dengan menggunakan breaker dan stone crusher.
 
http://baloary.blogspot.co.id/
Penambangan batuan untuk material konstruksi
Hingga saat ini, kebutuhan akan peralatan penambangan masih cukup mahal dan sangat sulit untuk diterapkan bagi penambangan skala kecil. Perlu adanya rekayasa peralatan penambangan yang relatif lebih murah, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan potensi yang ada dan dapat menjadi pelaku usaha pertambangan.

Keterdapatan batuan granit di Kabupaten Bengkayang tersebar mulai dari Kecamatan Sei Raya, Capkala, Sei Raya Kepulauan, Monterado, dan Samalantan. Potensi ini telah ditambang dalam skala kecil oleh sekelompok masyarakat secara manual untuk keperluan material dasar konstruksi bangunan. 


Proyeksi kedepan dengan perkembangan teknologi rekayasa peralatan yang murah, meningkatnya pertumbuhan properti bangunan gedung, perumahan, perhotelan dll yang menampilkan nilai arsitektur yang tinggi, eksklusif, tampil lebih elegan, serta cadangan bahan galian yang cukup melimpah, jenis batuan granit masih menjadi alternatif sebagai kebutuhan akan material dasar yang tetap "lebih populer".

0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bermanfaat